Gambaran Umum Desa

Topografi dan Demografi

Desa Lembah secara umum terdari dari dataran yang berada pada ketinggian 152 Meter dari permukaan laut(Mdpl). Keadaan tekstur tanahnya sebagian merupakan lempungan berwarna hitam.

Adapun luas desa Lembah kurang lebih 519.44 Hektar yang mayoritasnya merupakan wilayah:

NODesa/KelurahanKecamatan
1Sebelah Utara Desa TrisonoKecamatan Sebelah Utara Kebonsari-Madiun
2Sebelah Selatan Desa Gupolo/Patihan WetanKecamatan Sebelah Selatan Ponorogo
3Sebelah TimurDesa Purwasari/ PondokKecamatan Sebelah Timur Jenangan
4Sebelah Barat Desa SukosariKecamatan Sebelah Barat Sukorejo

Jarak Desa Lembah ke Ibu Kota Kecamatan lebih kurang 8 Km yang bisa ditempuh dalam waktu -/+13 menit menggunakan kendaraan bermotor dan -/+ 30 menit lama jarak tempuh ke Ibu Kota Kecamatan dengan berjalan kaki/Kendaraan Non Motor. Sedangkan jarak menuju ke Ibukota Kabupaten lebih kurang 8 Km dengan waktu tempuh rata-rata sekitar 13 menit. Sehingga keberadaan desa Lembah ini masih terbilang berada di pinggiran Kota Kabupaten.

Dari sisi demografis Desa Lembah memiliki penduduk dengan jumlah 4993 jiwa yang terdiri dari 2467 orang laki-laki dan 2526 orang perempuan yang tergabung dalam 1639 Kepala Keluarga (KK).
Kepadatan penduduk saat ini tercatat 961 jiwa per Km2 engan persentase perkembangan penduduk dari tahun lalu sebesar 1,04%.

Sosial Budaya

Masyarakat desa Lembah mayoritas beretnis Jawa. Dan urutan kedua terbanyak di tempati etnis Sunda dan Sumbawa. Jadi penduduk atau warga desa Lembah pada dasarnya sudah heterogen. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat tabel suku atau etnis dalam beberapa tahun terakhir berikut :